Kamu Alpha (aha) apa Beta (bha)?

11/10/2017

Mengenal apa itu AHA dan BHA

Memahami AHA (alpha hidroxy acid) dan BHA (beta hidroxy acid) cukup membingungkan buat saya sewaktu lepas dari krim dokter. Karena saya membutuhkan exfoliasi, tapi tidak tau mana yang sebaiknya saya pilih, AHA atau BHA. 

Oleh sebab itu saya cari tau sendiri dengan baca baca di internet atau download e-book yang ada di google. Menurut pemahaman saya;

AHA

Adalah acid yang larut dalam air (entah itu terbuat dari extract susu, beras,etc), yang jelas karena larut dalam air, maka AHA cocok untuk kulit normal cenderung kering. Untuk dosis yang pas, AHA seharus nya mempunyai kemampuan melembabkan. (bagaimana tau dosis itu pas? nanti akan saya tulis di post selanjutnya)

Tau nya produk itu mengandung AHA?

Tidak ada trik khusus. Tinggal dibaca di kemasannya saja. Yang paling sering dipakai dalam sebuah produk exfoliasi adalah Glycolic Acid, Latic Acid, Citric Acid. Jadi jika sebuah produk tidak menuliskan "mengandung AHA" tapi di dalam komposisi ternyata ada Glycolic Acid atau Latic Acid, atau Citric Acid atau menuliskan semuanya, maka produk exfoliasi tersebut adalah mengandung AHA.

BHA 

Adalah acid yang larut dalam lemak atau minyak. Dikatakan sebagai komposisi acid yang unik karena kemampuannya menembus minyak sampai ke pori pori, memecah minyak yang dihasilkan oleh kulit sehingga tidak mengumpul menjadi komedo, blackheads dan jerawat. Oleh sebab itu BHA cocok dipakai di kulit normal cenderung berminyak atau mudah muncul jerawat.

Lalu apalagi?

BHA adalah nama lain dari Salicyl Acid. Oiya, Salicyl Acid dikatakan unik juga karena kemampuannya untuk meredakan radang sembari membersihkan sumbatan pori plus bakteri.

Kabar baiknya, AHA dan BHA mempunyai kemampuan yang sama.

- Sama sama melepaskan sel kulit mati dan membuat wajah tidak kusam.
- Menipiskan garis halus (tanda penuaan)
- Mencerahkan (biasanya di iklankan dengan menambahi kalimat memudarkan flek karena sinar matahari, bekas jerawat)

Cautions : AHA dan BHA membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jadi sudah tidak bingung ya mau pilih AHA atau BHA? Sekarang ini saya lagi suka produk lokal Theraskin AHA 10% yang isinya Glycolic Acid, disamping harga nya murah, bisa di toleransi kulit saya, dan ada hasil nya. Kalo kamu AHA atau BHA? sedang pakai produk apa? share ya.. 

You Might Also Like

0 comments

Leave a reply

Like us on Facebook

intenscorner

Image and video hosting by TinyPic

Subscribe